New York (TheStreet)  —   Sebuah cuitan di Twitter mengandung kekuatan yang mampu menggerakkan pasar. Contohnya cuitan dari akun media Associated Press (AP) di tahun 2013 yang mengatakan Presiden Obama terluka karena serangan bom di Gedung Putih. Kemudian diketahui bahwa akun Twitter AP diretas dan cuitan tersebut ternyata berita palsu. Pasar saham pun kembali menggeliat naik.

Kenapa kita harus mengikuti akun para trader top dunia, terutama mereka dengan rekam jejak baik dan akunnya diikuti ribuan orang? Utamanya karena cuitan mereka bisa membantu semua peminat trading mendapatkan lebih banyak untung dan kesenangan dari pasar. Butuh alasan lain?

“Peluang pasar terjadi pada saat real time, dan orang yang bergerak di bidang itu bisa langsung mencuitkan apapun yang terjadi, lebih cepat dari berita di media. Pergerakan saham selalu berubah dengan cepat, begitu pun cuitan dari para trader beserta opini dan penilaian mereka yang bisa dijadikan peringatan tepat waktu. Mengamati pasar dan saham bisa membuat hari-hari membosankan. Supaya pekerjaannya lebih menyenangkan (dan lebih menghasilkan untung), para trader dan ahli di bidang saham sering membawakan cuitan mereka dengan humor agar lebih terasa ringan.”

Jadi dari ribuan akun trader yang beredar di Twitter, yang mana yang layak kita follow? Follow trader dengan lebih dari 1.000 pengikut dan yang status cuitannya berupa saran yang dapat ditindaklanjuti. Lihat tweet terakhirnya, pastikan itu diposting dalam waktu satu jam untuk memastikan dia memperbarui status tweet secara teratur dan terhitung sering. Perhatikan saham yang di-tweet dan lihat di mana pelaku masuk dan keluar. Seiring waktu, kita akan melihat manfaat dari mengikuti akun pakar yang tepat dan cerdas secara finansial.

Sekarang, inilah 10 trader yang bisa di-follow di Twitter. Semuanya sudah menunjukkan pilihan saham yang tepat waktu dan konsisten.

Bryon Franzen (Bryon Franzen @ bkfviking123). Dia adalah trader full time dengan ribuan tweet dan beberapa pilihan transaksinya benar-benar hebat. Sebenarnya dia lebih jarang nge-tweet disbanding trader lain, tetapi saat dia nge-tweet informasinya bisa sangat berharga. Termasuk salah satu akun yang seharusnya punya follower lebih banyak.

Craig Heath (Craig Heath @ Burns277) lahir di Afrika Selatan dan sekarang jadi warga Charlotte, North California. Keahliannya dalam trading momentum. Dia juga memberikan informasi praktis tentang saham yang dia beli dan yang dia simpan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Jika Anda termasuk swing trader, akun ini harus Anda ikuti.

Nathan Michaud (Nathan Michaud @investorslive). Michaud telah membukukan keuntungan $ 10.000 sehari. Dia adalah trader harian klasik. Lihat saja ribuan pengikutnya dan lebih dari 50.000 tweet-nya. Seorang trader yang sangat aktif dan menyenangkan untuk disimak.

Mark Lehman (Mark Lehman @markflowchatter) memiliki lebih dari 23 tahun pengalaman di pasar trading. Dia dikenal sering merilis berita saham di hadapan media. Selain itu dia juga terkenal karena ketepatan prediksinya. Salah satu akun yang harus di-follow!

Matt Busigin (Matt Busigin @mbusigin). Jika Anda menyukai ekonomi makro dan musik klasik, inilah akun yang cocok untuk di-follow. Wawasannya benar-benar membantu orang untuk bisa lebih memahami berita ekonomi pasar. Banyak pelaku ekonomi yang sudah terinspirasi dengan pria ini. Baik Bach maupun Bernanke akan bangga membaca cuitannya.

Joe Kunkle (Joe Kunkle @OptionsHawk) adalah pakar tentang opsi. Dia rajin memindai dan memperdagangkan saham, mencari tahu harga mana yang akan bergerak dengan melacak peningkatan opsi yang diperdagangkan untuk ekuitas yang mendasarinya. Harus di-follow karena kemampuan trading-nya sangat terarah. Dengan begitu memungkinkan kita melakukan banyak gerakan yang menghasilkan keuntungan.

Scott Redler (Scott Redler @RedDogT3Live) adalah seorang analis teknis. Semakin sering kita belajar dari dia, semakin baik kita memetakan saham. Dengan lebih dari 20.000 tweet dan pembaruan rutin, dia memberikan pengalaman grafik saham dan bisa jadi sumber belajar yang tidak ada duanya.

@STT2318 adalah “raja yang masuk dalam daftar pantauan”. Cuitan di akun Twitter-nya sering berisi tentang pasar potensial yang mungkin akan booming bersamaan dengan hari di mana dia nge-tweet. Cuitannya termasuk dalam daftar pantauan yang bagus bagi para trader untuk meneliti lebih lanjut. Semuanya berawal dari pembuatan grafik saham yang baik.

Paul @Superrades. Jangan terjebak oleh pesona Superman-nya. Dia adalah ahli pemilihan saham sehat berkapital kecil dan rendah. Dia mampu menemukan saham perusahaan resmi yang untungnya mampu mencapai 300% dalam sebulan. Contohnya yaitu saat dia memilih Parametric Sound (PAMT) yang sahamnya meroket dari sekitar $ 9 menjadi $ 22 dalam sebulan.

NYC Trader atau @SZAman menemukan saham yang memiliki momentum dan secara konsisten memaksimalkan keuntungan. Seorang trader yang sangat aktif dengan rentang waktu cuitan yang sangat konsisten.

Jika Anda sudah mengikuti beberapa trader untuk sementara waktu, buat daftar trader Anda sendiri. Pilih dari orang-orang yang menggunakan gaya trading serupa. Investor, swing trader, trader harian, dan sebagainya. Ini penting untuk memahami pendekatan yang paling cocok untuk Anda. Trader yang menggunakan gaya berbeda akan memperdagangkan saham yang memiliki profil harga berbeda. Jadi sebaiknya tidak mencampurkannya.

Banyak trader aktif membuat tweet tentang apa yang mereka beli dan jual, serta pendapat mereka tentang saham. Dengan follow trader yang tepat, kita bisa mempersingkat kurva pembelajaran saham dan memaksimalkan hasil.

Ketika dua, tiga, empat dari 50 lebih trader yang Anda follow membuat tweet yang sama, bersiaplah untuk kemungkinan peluang. Melihat pergerakan saham melalui mata mereka bisa menjadi bantuan besar dalam menghasilkan keuntungan di pasar yang sering kali membuat banyak kejutan!