Pasar saham menyaksikan volatilitas ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu membuat para investor waspada. Namun di saat yang sama, volatilitas itu menawarkan banyak peluang. Trader baru seperti Trading Your Own Way atau csquaired.com menyediakan berita atau peluang trading alternatif yang semakin popular.

Pasar saham global maupun domestik sudah terguncang cukup parah sejak awal tahun 2020. Yang pertama karena tahap awal perjanjian dagang antara Amerika Serikat dan China, yang kedua akibat pandemi Coronavirus (COVID-19). Indeks utama S&P BSE Sensex dan indeks Nifty 50 yang lebih luas masing-masing turun 24 persen dan 26 persen, dalam tahun keuangan terakhir 2019-2020. Kinerja terburuk mereka dalam lebih dari satu dekade, terutama karena kemerosotan selama Februari-Maret.

Di tengah ketidakpastian pasar, sektor-sektor seperti FMCG, Healthcare, Pharma dan saham-saham terpilih di Telecom diharapkan berkinerja lebih baik. Karena menurut Aamar Deo Singh, Kepala Penasihat, Angel Broking Ltd dalam wawancara dengan Financial Express Online, sampai batas tertentu perusahaan-perusahaan tersebut lebih aman dengan adanya peristiwa global saat ini. Aamar juga menjelaskan bahwa beberapa saham konsumsi sudah berusaha menyesuaikan tren. Tetapi jika pandemi COVID-19 berkepanjangan, konsumen dapat mengurangi kebutuhan konsumsi mereka, yang pada gilirannya akan mempengaruhi sektor ini juga.

Semakin banyak investor kecil yang mencari sumber pendapatan alternatif. Trading Your Own Ways yang berbasis di Amerika Serikat adalah salah satu contohnya. “Investor semakin gencar mencari alternatif untuk menghasilkan uang di saat-saat yang tidak pasti”, kata Jasminder Singh dari Orient Investors. “Belum jelas bagaimana Covid-19 dan pasar bermain di tahun 2021 dan apa yang akan muncul setelah pemilihan presiden di Amerika Serikat.”

Oleh karena itu, inilah kesempatan bagi banyak investor kecil yang ingin mengejar impian finansial demi mendapat penghasilan dan melindungi keuntungan mereka. Trading Your Own Way menyediakan salah satu caranya. Theo Kaufmann yang tampil di CNBC pada tahun 2015 mengatakan, “Banyak yang kecewa dengan Apple”. Sentimen yang dibagikan ke publik di pasar saat ini, yang meskipun positif di pasar saham, membawa risiko hilangnya pendapatan secara tiba-tiba atau terjadi dalam periode pandemi yang berlarut-larut.

Salah satu pendiri Theotrade, Don Kaufman, mengatakan bahwa dia mengetahui rahasia menghasilkan uang secara konsisten adalah dengan memanfaatkan strategi yang memanfaatkan volatilitas. “Volatilitas adalah peluang,” katanya dalam diskusi tentang alasan trader bisa gagal dalam lingkungan pasar yang serba tak pasti. “Bagaimana Anda menangani risiko Anda, secara langsung berkorelasi dengan kesuksesan Anda di pasar.”