Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN Zita Anjani meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar segera menambah bed atau kapasitas tempat tidur di rumah sakit untuk perawatan pasien Covid-19. Pasalnya, kapasitas tempat tidur saat ini semakin banyak terpakai menyusul makin banyaknya pasien Covid-19.

“ICU full, rumah sakit rujukan full. Harus tambah bed segera, ini akan naik terus,” ucap Zita saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/9/2020).

Bahkan Zita menyarankan agar wacana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menarik rem darurat atau emergency brake dilakukan, mengingat jumlah pasien semakin meningkat dan bahkan mencapai angka 1.000 kasus dalam dua hari terakhir.

“Harus diperketat, Pak Anies pernah bilang emergency break, ini saatnya. Hari ini kedua kali tembus 1.000 kasus baru,” kata dia.

Meski demikian Zita juga mengapresiasi langkah Pemprov DKI yang merekrur tenaga kesehatan untuk menangani Covid-19.

“Yang dilakukan Pemprov sudah tepat, buka lowongan nakes,” tuturnya.

Adapun, kapasitas ketersediaan tempat tidur rawat inap ruang ICU di seluruh rumah sakit umum daerah (RSUD) di DKI Jakarta telah terisi lebih dari 90 persen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam laman http://eis.dinkes.jakarta.go.id hingga Selasa (1/9/2020) pukul 11.18 WIB, hanya tersisa empat ruang ICU di empat RSUD.

Rinciannya empat rumah sakit itu, yakni RSUD Pesanggarahan, Jakarta Selatan; RSUD Tebet, Jakarta Selatan; RSUD Budhi Asih, Jakarta Timur, dan RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Selanjutnya, tersisa 27 tempat tidur rawat inap ruang VIP di 5 rumah sakit. Rinciannya adalah 5 tempat tidur di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat; 1 tempat tidur di RSUD Tugu Koja, Jakarta Utara; 5 tempat tidur di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan; 8 tempat tidur di RSUD Budhi Asih, Jakarta Timur; dan 8 tempat tidur di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Sementara itu, kapasitas tempat tidur NICU tersisa 38, tempat tidur PICU tersisa 9, ruang rawat inap HCU tersisa 40, dan ruang rawat inap ICCU tersisa 17. Untuk ruang isolasi, tersisa 140 tempat tidur isolasi untuk pasien Covid-19 di 17 RSUD di seluruh Jakarta.