Calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyapa pendukungnya pada hari Minggu waktu setempat meskipun masih dalam masa perawatan setelah dinyatakan positif COVID-19.

Tampil dari dalam mobil kepresidenan dengan mengenakan masker, Trump hanya menyapa dan melambai dari dalam mobil sebelum kembali ke rumah sakit militer Walter Reed dekat Washington. 

Trump mengaku belajar banyak tentang COVID-19 dan benar-benar belajar, setelah ia dirawat di rumah sakit.

“Ini adalah ‘sekolah’ yang sebenarnya. Ini bukan ‘ayo baca buku-buku sekolah’, dan saya mengerti, dan saya memahaminya, dan itu hal yang sangat menarik,” katanya, seperti dikutip dari Washington Post, Senin (5/10/2020).

Dokter Kepresidenan mengatakan sebelumnya pada hari Minggu bahwa Presiden terus membaik dan bisa pulang hari ini. Sebelumnya, dokter mengatakan kadar oksigen Trump sempat turun dua kali dalam beberapa hari terakhir dan bahwa dia dirawat dengan steroid.

“Presiden terus membaik,” kata dokter Gedung Putih Sean Conley.

Dokter mengatakan Trump akan dirawat selama lima hari dengan steroid deksametason untuk membantu fungsi paru-paru setelah kadar oksigennya turun pada hari Jumat dan Sabtu.

“Presiden terus membaik,” kata Conley, menambahkan bahwa Trump telah “bebas demam” selama 24 jam.

Trump dapat kembali ke Gedung Putih pada hari ini (05/10) jika kondisinya terus stabil, kata dokter.

Dr. Sean Dooley, anggota tim dokter Trump lainnya, mengatakan presiden dalam “semangat yang sangat baik.” Ia tidak lagi dibantu oksigen, tidak mengalami kesulitan bernapas dan mampu berjalan di sekitar rumah sakit.