Tidak sedikit penambahan kasus Covid-19 berawal dari klaster perkantoran. Tanpa disadari, ternyata ada beberapa tempat yang berisiko tinggi penularan Covid-19 di kantor.

Dikutip dari Mirror, Dr Tomasz George, kepala ilmuwan di ViraxCare, mengungkap beberapa hotspot atau tempat yang paling rentan menularkan COVID-19 di kantor. Salah satunya, toilet disebut berisiko tinggi penularan.

Berikut lima tempat yang paling tinggi risiko penularan Covid-19 di perkantoran.

1. Toilet

Toilet menjadi salah satu tempat yang berisiko tinggi penularan Covid-19 di kantor. Penggunaan masker di kamar mandi sangat penting, bisa jadi ada penularan dari aerosol saat seseorang yang terinfeksi COVID-19 menyiram feses mereka tanpa menutup toilet.

Partikel-partikel dari feses bisa saja menyebar sekitar 1 meter dari toilet. Hal ini diyakini sama menularnya dengan penularan rute lain.

Pastikan juga untuk selalu menutup toilet sebelum menyiram feses. Cuci tangan hingga bersih selama 20 detik usai menggunakan fasilitas toilet umum.

2. Ruang terbatas

Penularan virus menjadi rentan terjadi di ruangan terbatas seperti lift. Perusahaan sebenarnya harus membatasi jumlah orang dalam ruangan yang kecil dan masker perlu selalu dipakai.

Selain itu, memastikan ventilasi yang memadai juga penting untuk mencegah risiko penularan melalui udara. Virus yang bertahan di udara, penyebarannya juga bisa dibantu oleh AC.

3. Dapur kantor

Sederet peralatan di dapur kantor juga berisiko menularkan Corona. Maka dari itu, mesin kopi dan peralatan yang dipakai bersama bisa secara tidak sadar membuat risiko penularan Covid-19 semakin tinggi.

Alangkah baiknya untuk langsung membersihkan peralatan bersama maupun pribadi setelah digunakan. Cuci atau bersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan peralatan dapur.

4. Tombol lift

Tombol lift berisiko tinggi penularan karena paling sering disentuh. Jika virus terdapat dalam permukaan tombol lift dan secara tidak sadar kamu menyentuh bagian hidung, mulut, maupun mata, tentu berisiko tertular.

Pastikan untuk mengantisipasi hal ini dengan menggunakan sarung tangan saat menyentuh lift, atau selalu memakai hand sanitizer bila tidak sempat mencuci tangan. Tetapi, cuci tangan dengan air mengalir selama 20 detik lebih disarankan.

5. Gagang pintu

Gagang pintu juga dapat menularkan virus COVID-19 karena dipakai banyak orang. Seseorang bisa menghindarinya dengan menggunakan ‘kait pegangan’ untuk menghindari tangan langsung menyentuh gagang pintu.