Wakil Ketua MPR Usulkan Komisi VIII DPR RI Bentuk Panja Perusakan Rumah Ibadah dan Penusukan Ulama

Sempat ingin dibangun proyek apartemen atau rumah inap bagi anggota DPR periode 2014-2019, kini tanah milik Sekretariat Negara di Taman Ria Senayan telah menjadi pusat perbelanjaan gaya hidup atau lifestyle mall, Senayan Park.

Tidak hanya ada perbelanjaan dan cafe, mall Senayan Park bahkan menyuguhkan restoran ‘Holy Wings’ yang merangkap bar. Jam bukanya pun mulai pukul 16.00 WIB sampai 02.00 WIB dini hari.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menilai, restoran merangkap bar tidak layak di dekat Gedung MPR/DPR/DPD RI, yang mencerminkan lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

“Itu prinsipnya pasti merusak ahlak dan moral, karena menjual minuman alkohol,” kata Lucius kepada RRI.co.id, Selasa (29/9).

Diketahui, lokasi restoran ‘Holy Wings’ di Senayan Park sangat terlihat dari Jalan Gerbang Pemuda arah menuju Gatot Subroto dan arah putar balik JCC Senayan.

Dan seharusnya, pembukaan Senayan Park dilakukan pada Maret atau Kuartal I-2020, namun tertunda akibat Pandemi Covid-19.

“Saya kira DPR, MPR, dan DPD harus merespon masalah ini,” tukasnya.

Senayan Park dirancang sebagai pusat gaya hidup dengan alokasi 50 persen ruang untuk peritel food and beverage (FnB), bioskop dan hiburan mencapai 20 persen, dan sisanya adalah merchandising, service, dan lainnya.

Area Senayan Park seluas 10 hektar dikembangkan oleh PT Ariobimo Laguna yang bekerja sama dengan Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) sebagai pemilik lahan.

Untuk pengelolaan mal dengan nett leasable area (NLA) 32.979 meter persegi ini, PT Ariobimo Laguna menunjuk Lippo Malls Group.

Selain pusat belanja, terdapat fasilitas pelengkap lainnya yang mencakup galeri pandang, danau, trek jogging, cinema drive in, dan ruang komunal outdoor.

Kehadiran Senayan Park ini menambah daftar pusat perbelanjaan yang berlokasi di atas lahan PPK-GBK. Pusat perbelanjaan tersebut adalah Plaza Senayan, Senayan City, FX Plaza, dan Senayan Trade Center.