Tingkat kematian (fatality rate) di Indonesia akibat Covid-19 masih tinggi. Hal itu terlihat dari tingkat kematian di Indonesia yang lebih tinggi dari rata-rata dunia. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tingkat kematian akibat Covid-19 di Indonesia mencapai 4,5 persen, sedangkan rata-rata dunia sebesar 3,64 persen.

“Ternyata kalau kita lihat angka kematian dunia 3,64 persen,” kata Wiku dalam keterangan persnya di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020).

Wiku menuturkan, ada 22 provinsi yang angka kematiannya di bawah 3,64 persen dan 12 provinsi dengan tingkat kematian di atas 3,64 persen. Untuk itu, ia berharap 22 provinsi yang tingkat kematiannya di bawah rata-rata dunia mempertahankan kinerjanya. Wiku juga meminta provinsi dengan tingkat kematian di atas 3,64 persen bekerja lebih keras lagi untuk menekannya.

“Karena kalau ini bisa tertekan di bawah angka rata-rata dunia maka secara keseluruhan seluruh provinsi yang ada di Indonesia memiliki angka kematian di bawah rata-rata dunia,” sebutnya.

Untuk diketahui, pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia pada 11 Agustus bertambah 59 orang. Hal itu mengacu pada laporan resmi dari pemerintah. Dengan demikian total pasien Covid-19 yang meninggal sebanyak 5.824 orang.

Sumber: Kompas